Rabu, 04 Oktober 2017

Tujuan Wisata kota Banda Aceh


Tujuan Wisata Kota Banda Aceh
Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Kali ini saya mau mengajak kalian untuk keliling keliling kota Banda Aceh, provinsi paling ujung di pulau sumatra. Meskipun tempat ini pernah hancur porak poranda di terjang badai Tsunami pada tahun 2004, Namun Nanggroe Aceh Darussalam yang dulunya kita kenal Provinsi Aceh sudah bangkit dan membenahi tata kota dengan sangat sempurna. Bahkan bencana tiga belas tahun silam meninggalkan sejarah baru untuk Masyarakat Aceh.
Rasanya tidak sah kalau kita menginjakkan kaki di tanah rencong ini tanpa jalan jalan menikmati wisata. Nah kali ini saya mau mengajak anda untuk jalan jalan setidaknya ke objek wisata berikut,

1. Masjid Raya Baiturrahman
Mesjid ini dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda yang kini menjadi ikon nya kota Banda. Sepintas saya melihat mesjid ini mirip sekali dengan Taj mahal yang ada di India sana (sebenernya aku belum pernah juga sih ke Taj Mahal). Mesjid ini sangat megah dengan tujuh menara mengelilingi bangunan utama yang berkubah hitam besar dan kolam lengkap dengan air pancurannya .


Bahkan situs Huffington Post (Huffpost) pernah memuat 24 Beautiful Mosques arround the world, dan salah satunya adalah Mesjid raya Baiturrahman ini. Bahkan Yahoo! pernah menyebut Mesjid Raya Baiturrahman ini sebagai salah satu dari 10 mesjid terindah di dunia. Di sekeliling Mesjid ini banyak sekali  orang yang menjual Souvenir dan makanan pasar. sehingga kita bisa bersantai sejenak setelah melakukan Sholat di dalam dan tak lupa cekrek cekrek (berfoto) biar eksis.

2. Museum Tsunami

Nah sesuai dengan namanya, Museum ini di khususkan untuk mengenang bencana 2014 silam, menghormati para korban sekaligus menjadi pusat pendidikan dan perlindungan jika Tsunami datang kembali.
Tujuan Wisata Kota Banda AcehDidalam museum ini terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang membuat anda teringat jelas dengan bencana tersebut. Banyak benda benda milik korban yang di pajang disini, ada juga foto foto korban dan cerita kesaksian korban selamat dan alat simulai elektronik Gempa Bumi.

Didalam museum ini juga ada namanya yang disebut Sumur doa, dimana di dalam nya ada tertera Nama nama para korban dengan bentuk melingkar ke atas persis seperti sumur dan didalamnya di bunyikan doa doa Islami terasa sekali aroma pilu dan kesedihan kalau kita berda didalam sini.

Sejarah desain Museum tsunami ini sangat unik, dimana Pemerintah aceh mengadakan sayembara desain dengan hadiah tentunya dan desain dari pemenang juara pertama akan di aplikasikan kedalam bentuk Museum Tsunami. Dan pemenang nya jatuh kepada Bapk M. Ridwan kamil yang dulunya pada tahun 2007 masih seorang dosen Arsitektur ITB.



3. Pantai Lampuuk

Tujuan Wisata Kota Banda AcehPantai ini berada di desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh besar. pantai ini memiliki garis sepanjang 5 KM dari selatan ke utara dengan pasir yang putih bersih nan lembut dan tebing karang di ujung pantai.  Panta ini sering juga disebut pantai kuta nya Aceh.
Selain berjemur dan berenang, di pantai ini kita bisa berselancar dan bermain banana boat tentunya. dan satu lagi yang menurut saya paling menarik adalah upaya pelestarian penyu dimana jika waktunya pas anda bisa ikut melepaskan tukik ke laut lepas. namun sayang  nya sewaktu kita ke sana tepat di tengah hari jadi gak ada lagi pelepasan penyu ke laut lepas.









4. PLTD Apung

Tujuan Wisata Kota Banda Aceh
PLTD Apung
Seperti yang saya bilang di awal, Bencana 2004 silam meninggalkan sejarah baru untuk masyarakat aceh khususnya. sebelum terjadinya Tsunami, kapal ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat sekitar wilayah ulee lheue.
Kapal yang panjang nya sekitar 63 meter dan berat 2.600 ton  ini sanggup menghasilkan daya sebesar 10,5 megawatt. meskipun begitu, tak ada satu pun orang yang menyangka ombak besar Tsunami bisa menggeser keberadaanya sejauh 5 kilometer ke pusat kota Banda. dan berhenti di tengah tengah pemukiman warga.

Ada 11 orang awak kapal yang berada di atas saat bencana tsunami terjadi, namu hanya 1 orang saja yang selamat. dan saat ini di area sekitar PLTD Apung sudah dibeli oleh pemerintah dan di sulap menjadi wahana wisata edukasi.

Sebenarnya masih banyak lagi Objek wisata di kota Banda Aceh, tapi jika anda sudah mengunjungi yang saya sebutkan di atas berarti anda sudah memasuki wisata inti kota Banda Aceh.

5. Pantai Lhok Mee

Pantai ini berada agak jauh dari pusat kota Banda, Sekitar 1 jam dengan berjalan santai. Tepatnya di Desa Lamreh. Kabupaten Aceh Besar. Searah dengan pelabuhan Malahayati.
Tujuan Wisata Kota Banda Aceh
Pesona Pantai Lhok Mee
Meskipun sedikit jauh namun sangat sayang di lewatkan jika ke Banda aceh namun tidak mampir kesini, Krena sepanjang perjalanan mata kita akan tepukau dengan keindahan birunya laut. Dan pantai ini terkenal dengan Pasir Putih bersih nya dan pepohonan di dalam air. Selain itu banyak juga tujuan tujuan wisata yang akan di lewati jika menuju kesini, Diantaranya adalah
 Pantai Ujuong Batee
 Pantai Ladong
 Benteng Indraparta
 Pemandian Air Panas Le Suum
 Benteng Inong Balee
 Makam Pahlawan Aceh Malahayati
 Juga bisa sekalian ke Bukit Seharto


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar