Jumat, 03 November 2017

Wisata Jogja, Itnerary liburan di jogja

Wisata Jogja
Candi Borobudur


Well..kali ini saya akan memberikan tips untuk tujuan wisata jogja yang searah agar sahabat traveller bisa dapet gambaran mengenai itinerary yang ingin di tuju. Rekomendasi itinerary wisata jogja ini gak harus di ikuti secara keseluruhan, bisa saja anda tambahkan jika waktunya memungkin kan, ataupun di kurangi jumlah tujuan wisata nya jika memang waktunya tidak mencukupi. Langsung aja ya kita mulai

Itinerary Hari I "Wisata Kota"

Hari pertama ini saya sarankan untuk berwisata di sekeliling kota Jogja karena menurut saya jika awalan wisata nya sudah jauh jauh ke daerah pantai maka untuk wisata kota nya nanti anda sudah berganti warna kulit menjadi sedikit gelap dan bisa saja kurang bagus kalau di foto. Maka dari itu saya sarankan untuk hari pertama sebaiknya jangan terlalu ngotot mau ke tempat yang jauh jauh. santai saja..

1. Istana Keraton Yogyakarta

wisata jogja
Istana Keraton Jogja
Merupakan sebuah pusat kebudayaan dan sampai sekarang masih menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya, namun tetap bisa dimasuki oleh siapa saja yang berpakaian sopan dan berperilaku baik.






2. Malioboro

wisata jogja,malioboro
selfie di jalan Malioboro
Ini merupakan Syarat sah wajib di kunjungi jika liburan ke Jogja, Malam, pagi, siang. setiap saat tempat ini selalu ramai di kunjungi. dan jangan lupa untuk ber selfie di plank jalan malioboro.












3.Benteng Vandebrug
Benteng Vadenbrug
Benteng Vadenbrug

Akan lebih baik jika datang kesini di pagi hari, karena banyak sekali yang bisa kita jelajahi mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan, informasi digital dan permainn.











4. Taman Sari

kolam taman sari
kolam taman sari
Sebenernya Taman sari ini dulu tempatnya sangat indah sekali, sebelum Jogja di serang oleh penjajah pada tahun 1812 dan di tambah lagi Gempa Bumi kemaren sehingga ke 18 kolam nya porak poranda. namun seiring berjalannya waktu, tempat ini terus di perbaiki dan tetap indah sehingga layak untuk sekedar singgah kesini.









5. Alun alun

alun alun jogja
Alun Alun Jogja
Ada alun alun selatan dan utara yang menjadi Icon nya kota Jogja, namun yang paling menarik menurut saya adalah alun alun selatan, dimana di alun alun selatan ada yang namanya nya ritual masangin (Masuk di antara dua beringin)dan naik sepeda tandem atau odong odong yang penuh dengan hiasan lampu terang yang unik dan menarik








6. Angkringan Kopi Joss

Sempatkan lah sebentar untuk menikmati kopi joss yang sangat terkenal, letaknya tak jauh dari malioboro. Khas nya kopi jos ini adalah sama seperti kita membuat kopi panas biasa, namun di tambah dengan arang panas dan kemudian terdengar bunyi Joss



Itinerary Hari II " Wisata Candi"
Meskipun Magelang sudah termasuk Provinsi Jawa Tengah, namun sayang sekali jika daerah ini tidak masuk ke dalam daftar perjalanan anda selama di Jogja. ini adalah tujuan yang paling wajib kalau menurut saya pribadi.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur
Berhubung karena jarak Jogja ke Candi Borobudur itu cukup jauh, yakni sekitar 43 KM, maka ada baiknya untuk sore hari nya sudah bertolak ke arah magelang untuk menginap di hotel sekitaran magelang. karena sayang sekali jika melewatkan moment matahari terbit.






2. Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu

Kalau saya pribadi memang lebih memilih untuk menikmati matahari terbit dari bukit punthuk setumbu, karena berada di magelang cuma satu hari, silahkan anda memilih mau menikmati sunrise dimana, apakah di Borobudur atau di Punthuk setumbu. uniknya kalau kita menikmati sunrise dari sini, kita bukan hanya akan menyaksikan matahari yang secara perlahan menyembul dari gunung merapi atau merbabu tetapi kita juga bisa menikmati pemandangan betapa megahnya candi Borobudur dari atas.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan
Setelah pagi pagi sekali perjalanan di mulai, siang nya bertolak kembali ke Yogyakarta untuk chek in dan istirahat sebentar. dan sore nya lanjut lagi menuju Candi Prambanan untuk menikmati kemegahan candi Hindu terbesar se Asia Tenggara.







4. Candi Sewu

Candi Sewu
Candi Sewu
Tak jauh dari Candi Prambanan, ada Candi Sewu yang jaraknya kurang dari 1 KM. Candi ini masih masuk dalam kawasan Candi Prambanan, sama dengan Candi Bubrah dan Candi Lumbung.











5. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan
Sekitar 1,5 KM kearah timur, ada juga Candi Buddha yang bernama Candi Plaosan. Candi ini terbagi kedalam dua bagian menjadi bagian utara dan selatan. Gak ada salahnya sekalian lewat untuk melihat dan mengambil foto sejenak.







6. Candi Ratuboko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko
Jika waktunya memungkinkan, singgah lah ke candi ini. Sebenernya lebih tepat jika dibilang sebuah runtuhan istana kerajaan ratu boko. tapi kebanyakan orang sih menyebutnya candi ratu boko.









7. Candi Ijo

Candi Ijo
Candi Ijo
Sekitar 15 menit ke arah selatan dari Ratu boko, terdapat candi ijo. Candi ini luasnya sekitar 1 hektar.


Itinerary Hari III "Wisata Air"

Dari ujung ke ujung, Yogyakarta memiliki pantai yang sangat bagus. Gak ada salah nya jika di hari ke tiga ini anda menikmati pantai dan sebelum nya tentu saja Rafting untuk wisata air tawar nya yang gak kalah menarik. Ada banyak sekali sebenernya yang harus di kunjungi namun jika waktunya tidak memungkinkan, ke tujuh tempat di bawah ini setidaknya sudah mewakili.

1. Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul
Merupakan sensasi yang luar biasa jika kita rafting dengan menyusuri aliran sungai di dalam Goa stalaktit dan stalagmit yang gelap gulita.Goa pindul merupakan salah satu objek wisata di jogja yang paling populer. meskipun tempatnya agak jauh dari jogja, namun Goa pindul tetap menjadi primadona wisata jogja. mengenai Panduan menuju goa pindul sangat banyak di bahas oleh blogger lainnya.





2. Air Terjun Sri Getuk

Air terjun sri gethuk
Air terjun sri gethuk
Akan sangat menyenangkan jika setelah menyusuri goa pindul,  anda melanjutkan perjalanan melintasi sungai oya untuk mencapai air terjun Sri Gethuk. di sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan tumbuhan perdu  yang hijau di antara tebing tebing karst di sisi kanan dan kiri.



3. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Pantai Sundak
Pantai ini tidak begitu luas memang, tapi keindahannya sangat mempesona mata. sayang sekali jika anda yang suka foto foto tidak singgah ke pantai ini walau hanya sekedar foto dan menikmati es kelapa muda.









4. Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan
Tidak jauh dari pantai sundak, pantai sadranan memiliki view pemandangan yang tak kalah bagus nya. selain itu, di pantai ini anda juga bisa snorkling dengan hanya membayar Rp.50.000 untuk paket snorkling lengkap.






5. Pantai Krakal
Pantai Krakal
Pantai Krakal
Uniknya pantai ini dihiasi oleh alam dengan sederet batu karang yang tersembul di permukaan yang membentuk sebuah barisan menuju laut lepas. di pantai ini banyak sekali terlihat aktifitas nelayan yang sedang memancing dan menyelam untuk mencari umbal. Umbal adalah hewan laut yang menempel di batu karang kemudian di olah menjadi rempeyek. Pantai ini juga memiliki ombak yang besar, sehingga cocok bagi anda yang suka berselancar.




6. Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo
Pantai wediombo dalam bahasa indonesia nya adalah pasir luas. di pantai ini memiliki khas kolam renang yang di batasi oleh deretan batu karang. sama seperti pantai yang sebelumnya, pantai ini juga cocok untuk kegiatan memancing, snorkling dan berselancar.






7. Pantai Jungwok

Berbatasan dengan pantai wediombo, pantai jungwok biasanya di pakai untuk muda mudi berkemah. pemandangan nya akan semakin amazing kalau kita melihat dari bukit yang ada disekitar pantai. pemandangan laut pantai dan perbukitan yang hijau memberikan kesan yang sangat eksotis.

Pantai Jungwok
Pantai Jungwok



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar