Rabu, 22 Juni 2016

LIBURAN KE SABANG GAK PAKE MAHAL

Ini nih yang namanya Pulau Sabang



Udah beribu ribu tahun lamanya ane dan konkawan pengen liburan ke Sabang #lebaybangetya. tapi ini serius gan. dulu kita nyangkanya liburan ke sabang itu mahal banget biayanya belum lagi mengingat kultur budaya disana yang sedikit lebih fanatik dengan keislaman dibanding dengan Kota kota lainnya di Idonesia. secara kita satu grup terdiri dari berbagai suku dan agama. Tapi akhirnya kita jadi juga kesana dengan modal uang per orang itu bawa sekitar Rp. 1.300.000,- dan yang utama itu modal nekat

Berikut ane sajikan rangkaian perjalanan ke sabang dengan tips and trik gak pakek mahal, Cus di simak.....

Bus PMTOH yang terbukti biar murah tetep nyaman
Pertama tama kita dari Medan - Banda Aceh dengan Menunggangi Bus yang paling murah tapi jelas gak murahan dengan nama Bus PMTOH sekitar Pukul 20.00 WIB (Biar sampek Banda Pagi pagi sekali), disaat semua Bus rata rata mematokkan ongkos 200K  si PMTOH ini menawarkan tarif 165 K dengan Fasilitas sama tiada beda dengan Bus lain diatas nya.( Sampai di Banda sekitar Pukul 06.30 WIB)

Suasana di pelabuhan Ulele
Nyebrang ke Pulau Sabang
Kedua dan ketiga,  Sesampainya di terminal Batoh Banda Aceh lanjut menuju pelabuhan Ulele, agan semua jangan buru buru naek betor yang menawarkan tarif 30K, ada baiknya cermati dulu karena dibelakang sana banyak mobil rental sekelas Avanza yang menawarkan Tarif 50K plus jalan keliling sebentar dan cari angin. Karena kapal Ferry Agak siangan jalannya soalnya trip pertama beliau berangkat dari arah Sabang - Banda. Namun kalau mau naik kapal Cepat, Agan sekalian bisa berangkat sekitar Pukul 08.00 - 09.00 WIB. irit waktu memang tapi merogoh kocek sekitar 75 K, sedangkan Kapal Ferry hanya sekitar 25 K. tergantung elu gan pilih irit waktu atau hemat uang. Oya satu lagi gan, kapal cepat butuh waktu sekitar 1 jam aja, sedangkan kapal Ferry bisa sampai 2 jam lebih.

Keempat,
Nah, sesampainya di Sabang kan elu gak mungkin jalan kaki kan gan? pilihannya elu bisa sewa  Motor atau Mobil. Kalo Motor perharinya 100 K, dan kalau Mobil 300 K /hari (Lepas Kunci). kalo ane saranin mending naek Mootor gan karena lebih simple, lebih seru dan lebih efektif bagi agan yang doyan Foto dan menyusuri jalan terjal nan berliku. karena gak semua spot keren bisa dilalui Mobil.

Kelima, Untuk penginapan agan sekalian sambil cari spot keren seharian sambil cari penginapan yang murah disabang. range nya sekitar 200 K keatas, namun cari lah penginapan yang dekat dengan tujuan besok nya. kalo ane kemaren nginap di Iboih, namanya penginapan Rubiah. kebetulan spot pertama kita besok nya snorkling di pulau Rubiah yang ajiibbb.... tarifnya 200 K, namun bersih dan sangat memuaskan. intinya agan sekalian harus pelit dan ulet dalam mencari penginapan dan menawar.

Keenam, Kalau masalah makan, agan sekalian jangan coba coba makan di tempat yang bermerek (kalau mau irit sih) rasa makanan kaki lima itu gak beda jauh namun harga nya jauh banget men bedanya. harga makan di kaki lima sebelas duabelas lah dengan makanan di kita sehari hari

Menikmati makan siang di pantai

ketujuh, untuk penginapan malam kedua disabang alias malam terakhir, ane saranin cari penginapan di pusat kota sabang yang dekat dengan pelabuhan. karena esok nya pagi pagi sekali kapal ferry berangkat sekitar pukul 08.00. dengan range harga sama. malah bisa lebih murah kalau agan sekalian ulet cari yang murah. disabang semua spot terasa spesial dan sangat menawan jadi disudut manapun agan nginap, agan tetap tak jauh berada di bibir pantai yang owsem. oya dua hari memang belum cukup kalau liburan ke sabang. namun karena kita punya rutinitas masing masing dan ada planning trip keliling banda yang gak kalah seru. di sesi lain ane akan ceritain berbagai keseruan di Sabang dan Banda aceh.

Kedelapan atau terakhir, keliling kota Banda agan cari rental Mobil yang harga nya maksimal 300 K untuk trip sampai Pukul 08.00 Malam ke Terminal Banda. ada banyak spot yang bisa dinikmati di Banda termasuk makan siang khas Banda dan ke pusat Oleh oleh.


Demikian lah yang bisa ane sampaikan ke agan semua Based on My true Advanture. untuk masalah harga yang ane jaarin di atas gak pasti semua sesuai, namun bisa dijadikan patokan untuk sesi tawar menawar. tergantung agan pande pande tawar lah istilah anak medan nya. bisa lebih murah ataupun lebih mahal "sedikit" semoga bermanfaat.

Sebagai info, kemaren kita ke sabang menghabiskan dana Total 1.200K untuk perjalanan 3 hari 4 malam (Dari Medan)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar