Selasa, 16 Agustus 2016

MAEN MAEN LAH KE SAMOSIR


Mantap kali kan view nya

Hai gaes...kali ini aku coba mengungkap kan betapa berharga nya pulau samosir yang menyimpan banyak objek pemandangan memukau dan mencengang kan "menurut aku sih"

Kalo klen selama ini maen maen ke Danau Toba hanya sekedar ke Parapat trus ke pelabuhan ajibata buat nyebrang ke Tomok atau Tuk Tuk siadong, itu udah biasa banget kale...udah saat nya klen semua pada tau betapa banyak nya spot spot yang owsem yang wajib di tengok dan nikmati itu jugak menurut aku sih


Memang dari sekian banyak tempat yang masuk ke list kunjungan aku kemaren, waktu ke samosir. ternyata cumak sikit yang bisa terlaksana, kekgitulah yang namanya manusia ya kan we? banyak rencana, tapi gak sesuai sama yang di buat. ah sudah lah gak usah lah lagi dibahas masalah itu

Jadi singkat cerita ini kan we, cumak ini lah yang bisa ku rangkum sedikit tentang Pulau samosir. Cak lah klen baca baik baik.

1. Menara Pandang Telle
Foto dari menara pandang telle, tapi berkabut so, gak keliatan

Kalok kita start dari arah Medan Via Berastagi, maka kita akan masuk ke Samosir melalui Gerbang Telle. Kalok diri sini kita gak perlu nyebrang Naek Kapal, karena ada jembatan penghubung antara Telle - Pangururan. Nah disini lah ada menara pandang yang di bangun pemerintah pada tahun sekian sekian untuk masyarakat umum menikmati pemandangan Danau Toba dan Samosir dari puncak tertinggi.dan pemandangan dari atas puncak menara itu emejing lah pokoknya.



2. Air Terjun Sampuran Efrata Sosor Dolok Samosir
Ini nih air terjunnya, Bagus kan?
Wow.. disini nih ternyata ada air terjun yang tingginya kurang lebih 25 meter dan yang paling mengesankan itu air nya lo, dingin kali lah. biarpun kita mandi di panas terik, airnya itu tetep sejuk dan dingin kali. rasanya sayang kali kalok misalnya kelen ke samosir gak mandi mandi di air terjun ini. kebetulan waktu aku kesana air nya lagi surut, jadi gak bisa buat berenang renang bebas. tapi tetep jugak kami mandi mandi. Kalok dari menara pandang tadi palengan sekitar 25 meit aja masuk kedalam.
Pemandangan kebawah dari air terjun


3. Aek Sipitu Dai Samosir

Jadi kan we..di Samosir ini ada mata air yang punya rasa unik, katanya 7 rasa sih. tapi kalok aku pribadi gak tau lah gimana mendefenisikan rasanya. ada asin, ada manis, asem nya sih yang agak terasa kali. tapi katanya bisa untuk di jadikan Obat juga bagi yang percaya sih. kalo aku Alhamdulillah masih percaya sama Allah SWT. Kalok dari Air terjun efrata palengan 20 menit aja lah udah sampek

Menurut hasil investigasi ku dengan amang amang (Bapak Bapak) yang ada disana, Air terjun ini dibagi menurut status masyarakat yang ada di Limbong yaitu :
1. Pansuran ni dakdanak yaitu tempat mandi bayi yang masih belum ada giginya
2. Pansuran namarbaju yaitu tempat mandi gadis-gadis
3. Pansuran ni doli yaitu tempat mandi para lelaki
4. Pansuran ni ina-ina yaitu tempat mandi para ibu yang masih dapat melahirkan
5. Pansuran ni Hela yaitu tempat mandi para menantu laki-laki yaitu semua marga yang mengawini putri marga Limbong
6. Pansuran ni sibaso yaitu tempat mandi para ibu yang telah tua, yaitu yang tidak melahirkan lagi
7. Pansuran ni pangulu yaitu tempat mandi para raja-raja
Air nya terasa asem, tapi ada asin nya juga sih
Note,
1. kalok dirasa semua ketujuh pancuran nya, satupun gak kita jumpai rasa yang sama.
2. Sumber air nya dari tujuh mata air, namun disatukan di sebuah Bak yang panjang. tapi kan setelah di pisah ke tujuh pancuran itu tetap pisah lagi rasa rasanya. sehingga beda beda rasanya.
3. bagi yang percaya, mandi dengan air ini bisa menyembuhkan penyakit tertentu
4. Kalok air nya kita bawa, tapi gak permisi dulu sama penghuni situ, airnya akan jadi tawar seperti biasa
5. Kalo selama mandi, ada yang jatuh maka hati hati. kalo jatuh dengan kepala arah hulu alamat akan jatuh sakit, namun kalo jatuh dengan arah kepala ke hilir maka sangat di sayang kan karena menurut kepercayaan,orang itu akan meninggal
6. Tempat untuk berdoa jika ada hajat seperti naik pangkat, Lulus Ujian de el el

4. Pantai pasir Putih Parbaba

Disamosir ternyata ada juga pantai yang jernih ples pasir putih yang bersih. cocok lah untuk kelen yang sukak Voli atau lari lari cantik di pantai ini.enak nya di pantai ini buat mandi mandi pun segar kali, karena airnya gak asin dan gak bikin mata perih.

5. Danau sidihoni

unik nya di samosir ini ada pulak danau, yang sejatinya pulau samosir ini pun di tengah tengah danau. Jadi ceritanya danau diatas danau lah ya kan we...
Danau nya sih lumayan Luas lah
Selain dari pada yang lima diatas, masih banyak lagi perjalanan kami yang lain. Tapi cumak itu lah yang paling berkesan kurasa. Kelen tengok tengok aja lah foto fotoku dan kawan kawan ya.

Sejenak kita singgah di tepi jalan

Trio Racun



Kabut nya nutupin lah, jadi gak sor kali nengok fotonya


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar